Sabtu, 14 Juli 2018

Mengenal Alat - Alat Kesehatan Keperawatan

Alat alat kesehatan keperawatan cukup banyak, meliputi alat – alat kesehatan secara umum dan alat – alat yang khusus digunakan oleh perawat. Perawat berbeda dengan dokter dan berbeda pula dengan tenaga medis lainnya. Namun perawat memiliki peranan yang cukup penting dan dia juga dapat menggunakan alat – alat kesehatan untuk melakukan tindakan khusus perawatan kepada pasien. 

Pada kesempatan ini, ijinkan kami mengulas sedikit mengenai beberapa macam alat kesehatan dan fungsinya yang biasa digunakan oleh para perawat dalam melakukan perawatan kepada pasien di rumah sakit atau klinik. Berikut rinciannya. 

alat kesehatan keperawatan

Macam Alat-Alat Kesehatan Keperawatan


1. Syringe Disposable

Bahasanya memang sulit dipahami namun sebenarnya semua orang mengenali alat ini. Syringe disposable adalah alat suntik. Anak – anak sering menyebut alat ini dengan “suntikan”. Alat suntik ini berfungsi untuk memasukkan cairan obat atau yang lainnya ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Dinamakan disposable karena hanya boleh digunakna sekali pakai. Biasanya perawat – perawat yang bertugas untuk melakukan penyuntikan rutin terhadap pasien di rawat inap di rumah sakit atau klinik. 

2. Termometer

Kalau alat yang satu ini pasti anda kenal. Termometer merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu badan pasien. Ketika seoran pasien mengalami sakit demam. Suhu badan harus selalu dipantau setiap saat, nah di sini juga peran suster atau perawat yang melakukan pengukuran dengan termometer. Ada berbagai jenis termometer, yang paling banyak digunakan adalah termometer digital dan termometer dahi. 

3. Tensimeter

Alat kesehatan keperawatan berikutnya yaitu tensimeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Biasanya ketika kita memeriksakan diri ke dokter, pertama kali sebelum kita diperiksa langsung oleh dokter, ada perawat yang melakukan pengukuran dan pengecekan tekanan darah dengan menggunakan tensimeter. 

Ada lagi ? tentu masih banyak lagi yang lainnya, namun kita berikan contohnya di sini tiga saja. Alat – alat kesehatan keperawatan lainnya cukup banyak seperti stetoskop, timbangan, jarum infus, kateter dan lain sebagainya. Mungkin sampai di sini dulu ulasan tentang alat kesehatan keperawatan dan fungsinya, semoga bermanfaat !

Related Posts

Mengenal Alat - Alat Kesehatan Keperawatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.